Kamis, 10 Mei 2012

Rahasia Membuat Kolam Taman Alami

Taman kolam dapat dibuat dalam berbagai ukuran, bisa kecil maupun besar. Tanaman dan ikan adalah elemen terpenting dalam membuat kolam yang menarik. Pilih jenis ikan dan tanaman sesuai dengan keinginan, maka taman kolam Anda akan menjadi pelipur lara yang mengesankan.

Selain itu, jenis aliran air pun menjadi elemen lain yang sangat mendukung. Di samping kolam, sebuah taman kolam terdiri dari  air mancur, air terjun, tanaman, bebatuan, fosil kayu, dan ikan. Kolam sendiri dapat dibuat dari barel, bak plastik, atau apa saja yang dapat menahan air.

Mengenai lokasi, akan lebih baik bila berada di bawah sinar matahari atau tempat teduh yang masih dapat diterobos sinar matahari. Itu karena tanaman dan ikan sangat suka dengan sinar matahari. Kolam bisa dibuat di bawah atau jauh dari pohon. Kolam yang tidak berada di bawah pepohonan, biasanya akan bersih dari sampah daun mati yang berjatuhan. Sesuaikan jenis ikan dan tanaman dengan ukuran kolam yang akan dibuat.

Dalam membuat kolam taman, lihat dulu sebesar apa properti yang Anda miliki. Semakin besar ukuran propertinya, maka akan semakin besar  pula taman kolam yang dapat dibuat. Meski begitu, tidak masalah bila Anda hanya memiliki sedikit lahan untuk dibuat taman kolam.

Gaya taman kolam pun perlu dipikirkan agar sesuai dengan keinginan. Bisa dibuat sesuai dengan gaya arsitektur properti kita atau sama sekali berbeda dan tidak biasa. Berbagai ukuran dan jenis batu, air terjun, air mancur dapat ditambahkan, tapi tentunya harus sesuai dengan anggaran Anda. Gunakan imajinasi dalam menciptakan taman kolam  yang diimpikan. Kincir angin, binatang terbuat dari beton, atau jembatan, bisa menjadi beberapa alternatif penambah elok taman kolam Anda.

Hal yang harus diperhatikan ketika memilih tanaman yang akan ditempatkan dalam kolam adalah tidak lebih dari 60% menutupi permukaan kolam. Sebagian tanaman ada yang hidup mengambang di air atau harus ditempatkan dalam pot. Ikan sama pentingnya dengan tanaman dalam menjaga kolam yang sehat. Ikan dapat membersihkan lumut dan kotoran lainnya atau juga memakan larva nyamuk dan serangga.

Ikan emas dan koi paling banyak dipilih sebagai hewan air dalam taman kolam. Ukurannya bisa menjadi besar dan harganya pun bisa mahal. Perlu diingat juga kalau ikan koi bisa melompat, maka pastikan kedalaman kolam sesuai dengan jenis ikan tersebut.

Bunga lili cukup populer sebagai tanaman taman kolam dan dapat memberikan warna serta tekstur menarik di dalam kolam. Selain itu, tanaman juga berfungsi dalam penyediaan oksigen bagi ikan.

0 komentar:

Posting Komentar